Tuhan, Thank You !

7 Feb

Saat ini mungkin saja karir gue di dunia pendidikan lagi “ambruk”. Sejak memasuki lingkungan SMA, prestasi akademik gue kagak memperlihatkan hasil yang maksimal. Padahal sebelumnya prestasi akademik gue sangat cemerlang. Gue pernah berpikir bahwa Tuhan sudah kagak “sayang” lagi sama gue, but setelah gue renungkan dalam-dalam ternyata tuduhan gue tersebut salah besar. Sekarang gue sadar bahwa Tuhan sayang banget sama gue. Banyak hal yang seharusnya menjadikan gue senantiasa bersyukur pada-Nya, antara lain :

  • Gue selalu tersesat dalam “rimba” kebaikan.

  • Tumpulnya sebuah potensi dalam diri gue merupakan awal dari munculnya potensi baru yang mungkin lebih membantu gue dalam menggapai masa depan yang lebih baik.

  • Gue sering terhindar dari penderitaan fisik.

  • Kekecewaan yang gue dapatkan hari ini sering membuahkan kebahagiaan pada esok hari.

  • Gue sering memiliki kemampuan menghafal tulisan yang luar biasa.

Selanjutnya, simaklah kisah perjalanan hidup gue. Moga saja cerita ini akan menjadi sebuah inspirasi bagi kalian untuk senantiasa dekat pada-Nya.

Pada 1991 gue langsung masuk SD sebab kala itu di kampung gue belum ada TK. Selama di bangku SD, prestasi akademik gue sungguh luar biasa. Gue selalu menjadi juara kelas. Bahkan kagak jarang gue mendapatkan nilai 10 untuk mata pelajaran tertentu. Hal tersebut pula yang menyebabkan gue sering dipercaya oleh guru-guru gue untuk mengikuti berbagai perlombaan antar sekolah. Gue juga sering mencuri job yang seharusnya dipegang oleh kakak kelas gue. Pokoknya pada saat itu gue dan beberapa kakak kelas gue seolah menjadi tumpuan bagi kejayaan sekolah. Alhamdulillah pada saat gue menginjak kelas 4 di kampung gue berdiri sebuah pesantren bernama Hikmatul Huda. Gue dan teman-teman berbondong-bondong mendaftarkan diri sebagai santri TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an). Gue senang banget bisa masuk sana sebab di pesantren gue bisa memperbaiki cara ibadah, bacaan Al-Qur’an, akhlak, dan menambah pengetahuan tentang Islam. Kegiatan belajar di pesantren dilaksanakan setelah jam pulang sekolah, kecuali tingkat TKA (Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an) yang dilaksanakan pagi hari. Keberadaan pesantren juga menjadikan liburan sekolah gue tambah bermakna sebab pesantren Hikmatul Huda selalu mengadakan “pesantren kilat”. Kegiatan tersebut sangat menyenangkan sebab selain gue bisa semakin memperdalam ilmu agama, gue juga bisa bertemu dengan anak-anak dari SD lain. Prestasi gue di pesantren juga lumayan bagus. Gue pernah menjadi pemenang lomba “kaligrafi”, but saat pengumumam dan pembagian hadiah gue kagak datang. Akhirnya mahkota juara dan hadiah diberikan kepada pemenang ke-2 sebab gue bolos tanpa ijin 😀 Setelah menempuh pendidikan di pesantren Hikmatul Huda selama 2 tahun, gue dan teman-teman melaksanakan wisuda sebagai tanda kelulusan bagi santri-santri TPA. Alhamdulillah pada saat itu gue terpilih sebagai Santri Terbaik tingkat TPA. Anugerah-Nya ternyata masih terus mengalir terhadap gue. Pada saat kenaikan kelas 6, sekolah gue dipercaya pihak kabupaten agar mengirimkan gue sebagai wakil Brebes untuk mengikuti GELANTARA 1996 di Jakarta. Mungkin itulah “puncak” prestasi sekolah gue sebab sampai kini sekolah gue belum bisa mengulang pengalaman tersebut. Sungguh terpilihnya gue sebagai Anak Nusantara adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan pada gue sebab saat itu gue hanya masuk 10 besar dalam pemilihan Siswa Teladan tingkat kabupaten. GELANTARA (Gelar Anak Nusantara) merupakan kegiatan yang dihadiri oleh seluruh anak Indonesia dari berbagai kabupaten/kotamadya dan anak-anak dari seluruh negara anggota ASEAN dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli. Setiap kabupaten/kotamadya hanya mengirimkan 1 orang. Sebelum gue menuju Jakarta, gue transit dulu di semarang selama 3 hari dan di Yogyakarta selama 5 hari. Saat di Semarang gue kumpul bareng anak-anak se-JAWA TENGAH. Kami di sana kagak melakukan kegiatan di luar asrama sebab memang belum ada pembagian kelompok. Kami hanya dibekali “wejangan” oleh kakak-kakak pembimbing buat persiapan menuju Yogyakarta. Selanjutnya, saat di Yogyakarta kami bergabung dengan anak-anak dari NTT, NTB, Kalimantan Selatan, Bali, dan Yogyakarta. Setelah pembagian kelompok akhirnya gue menempati KK 106 RW 01 yang diasuh oleh mas Yudha Anan Cahya. Sementara itu, ketua RW dipegang oleh mbak Kusmiyati yang merupakan mahasiswi Akuntansi STIE Widya Wiwaha angkatan 1995/1996. Objek wisata yang kami kunjungi di Yogyakarta, antara lain Candi Borobudur, Balai Yasa, Museum Dirgantara, Kraton Yogyakarta, dll. Selanjutnya, kami berangkat menuju Jakarta menggunakan kereta api. Selama di Jakarta kami tinggal di Asrama Haji. Gue menempati KK 17 RT 05 RW 03 yang dikawal oleh mas Ahmad Asyhari. Teman-teman sekamar gue, yaitu Sukri Mauda (Sulut), Zahid Hussein Assidiq (Maluku), Giman (Jatim), Gunawan (Jabar), Indra Saputra (Sumbar), Rio Andrian (Sumut), Muhammad Basir (NTB), I Putu Juli (Bali), Jerryl (Filipina), dan 3 anak asal Brunei Darussalam.

(Tunggu cerita selengkapnya…)


Advertisements

16 Responses to “Tuhan, Thank You !”

  1. Arman 22/06/2007 at 8:21 am #

    NICE STORY …

  2. diana 17/01/2008 at 7:56 am #

    hai lam kenal;
    aq juga anak GELANTARA `96. asal sumut…
    melihat kondisi pa` harto sekarang mengingat aq dengan masa2 waktu diasrama haji jakarta dengan teman2 dari seluruh indonesia dan ASEAN.
    aq pingin tau kabar teman2 yang kemaren ikut GELANTARA…..
    kangen euy…

  3. eka desyanti 22/07/2008 at 8:54 am #

    hai…lam kenal ya. aq juga anak Gelantara ’96. ada kabar gak dari temen-temen yang dulu ikut gelantara? jadi kangen ni…

  4. erik / gelantara 92-97 09/09/2008 at 5:28 am #

    Hi All,
    Anak-anak GELANTARA..
    Lagi mau diabsen nih. Tapi buku absen online’nya belum jadi. Sementara, pake alamat email saya atau check di fs..

    Ditunggu ya

    Salam Gelantara

    • hatalagi 03/12/2014 at 9:46 pm #

      betul tu kak.. kapan masa nya kita bersua kembali mengenang hal yang tak bisa di lupakan…salam kenal dari saya yang berasal dari pekan baru,riau

  5. fahrur 09/09/2008 at 1:44 pm #

    Hai…aku juga anak gelantara 96…

    Lam kenal juga ya …

  6. edson 23/10/2008 at 4:22 pm #

    HAI ADIK-ADIK GELANTARA, SAYA KAKAK PANITIA KEMANAN GELANTARA MAU AJAK TEMAN2 KUMPUL NIH ? TAPI KEHILANGAN DATA2 ADIK2 SEMUANYA

  7. yuli 11/12/2008 at 6:50 am #

    aq yuli……duh senang nya bisa jumpa sm alummi gelantara.
    aq anak gelantara 94…..
    tolong dong aq pingin banget bisa mnjalin silahturahmi lg sam ana2 gelantara
    hub aq di sriyu_82@yahoo.com

    thanks

    YULI

    • Wira Satriaji Sastranegara 28/01/2012 at 5:06 am #

      aq Itang dari sukabumi jawa barat, Gelantara 94. Pembimbing aq nama nya kak Nurdin, temen2 sekamar ku pada lupa nama nya. salam kenal aja ya

  8. Amrillah ToDewi 28/04/2009 at 6:14 pm #

    ASS.Salam GELANTARA…! Gelantara’96 yg tak terlupakn,Peserta dari Kab.Luwu Sulsel…ingin rasanya bertemu dengan sahabat GELANTARAku dulu…Qiqin,Andre,”M” asal Thai,smua teman2 sekamar,Kk’ pendamping…n Yg pst adikku Rafika Hasyim…Dimn kalian…?

  9. Yudha Anan Cahya 11/05/2009 at 11:00 am #

    Hallo semua, gw nggak tahu gimana cara ngungkapin rasa ini, ternyata masih ada yang ingat dengan saya saat menjadi pengasuh di Gelantara … thanks for remember me

  10. Mar!! Mar!! 09/06/2009 at 4:07 am #

    Assalamu’alaikum…wah alhamdulillah..bisa ketemu teman-teman Gelantara lagi…ayu dunz..kita kumpul-kumpul lagi…Oia main ke blog akyu yah…hihi..disitu aku juga ceritakan tentang pengalaman aku pas di GELANTARA 1996. Oia di Gelantara aku wakil dari PAPUA, yang jadi anak tampilnya itu loh (perwakilan dari 27 propinsi) yang bisa wawaancara langsung dengan pak Harto (alm) wah..subhanalloh pengalaman luar biasa setuju g teman-teman…Oia alamat blog di http://maritha-tersenyumlah.blogspot.com/, kalo email : thebest_galz@yahoo.com

    Oia buat mbak Yuli, maaf kemarin belum aku balas commentnya..hihi…yup salam buat semuanya….

  11. Fatima 19/07/2010 at 6:24 am #

    Hai,aku juga anak gelantara ’96 wakil dari Bogor…kalo ada gathering boleh dunk ikut..ini email aku dede_chuuby@yahoo.com

    Thanx ya..

    Btw,ada yang tau alamat email Jerryl yang dari Filipin ga??

  12. Annas 17/10/2011 at 5:55 pm #

    ke sini aja…..!!!
    http://www.facebook.com/groups/52617233935/

  13. Defri Edison 06/11/2012 at 6:54 pm #

    GUa juga GN ’96 , Jambi, aduhhhhh… dah lama gue cari baru ketemu dimana nih kumpulnya, Kangennnnnnnn masa2 itu

  14. eko hadi 03/02/2013 at 7:59 am #

    lam kenal smua gua jg anak GELANTARA’96 gua dr JATIM,,,dulu wakil dr kota JOMBANG,,,,,kapan lg ya ngadain REUNI,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: