Totti Tetap Jadi Andalan Roma

13 Sep

Totti Kecil Kebijakan manajemen klub AS Roma yang sedikit pelit dalam urusan berbelanja pemain baru di bursa transfer yang berakhir pekan lalu membuat kapten tim Francesco Totti terkesan bersikap pesimis ketika ditanya tentang peluang timnya di musim ini. Saat konferensi pers pada 1 September 2006 lalu, Totti meminta para pendukung Giallorossi untuk tidak menuntut atau mengharap banyak dari penampilan timnya. “Jangan harap kami bisa meraih scudetto. Inter dan Milan mempunyai komposisi pemain yang jauh lebih baik. Sekarang yang dapat kami lakukan hanyalah mengurangi kesenjangan antara tim kami dengan mereka,” ungkap Totti.

Sikap dan pernyataan Totti tersebut didukung penuh oleh bos Roma, Luciano Spalletti. “Saya tidak suka dengan orang yang bersikap arogan. Apa yang dilakukan Totti di konferensi pers sangat tepat,” kata Spalletti seperti dikutip Football Italia. Spalletti menyadari bahwa sangat berbeda komposisi pemain Roma saat ini dibanding dua tim dari kota Milan tersebut. “Inter dan Milan selangkah lebih baik dari kami. Tapi jangan lupa bahwa masih ada sejumlah tim lainnya yang cukup tangguh seperti Palermo, Udinese, Fiorentina, dan Lazio. Jadi, jangan dikira dengan absennya Juventus maka segalanya mudah bagi kami,” tegas Spalletti.

Sebelumnya Romanisti dan media massa mengkritik kebijakan klub yang ogah-ogahan dalam memboyong pemain baru. Sejauh ini pemain top yang digaet Spalletti hanyalah David Pizarro yang ditransfer dari Inter Milan dan Mirko Vucinic yang dipinjam dari Lecce. Namun, pelitnya manajemen justru mendapat apresiasi dari Spalletti. “Apapun yang telah dilakukan klub sangat baik. Kami mencoba untuk memotong gaji para pemain dan memperkuat tim supaya lebih solid. Saya mengucapkan terima kasih kepada Leandro Cufre yang telah tampil dengan baik di musim lalu meskipun bukan pada posisinya. Tapi saya pikir Christian Panucci, Maz Tonetto, dan Gilberto Martinez lebih cocok untuk posisi tersebut,” kata Spalletti.

Leandro Cufre adalah salah satu pemain yang meninggalkan Olimpico di bursa transfer musim panas ini. Para pemain lainnya adalah Shabani Nonda, Olivert Dacourt, Cesare Bovo, Ahmed Mido, dan Samuel Kuffour. Kedatangan Vucinic tidak akan membuat Spalletti mengubah formasi atau strategi timnya dan tetap akan mengandalkan Totti. “Totti mampu tampil bagus baik sebagai striker maupun penyerang lubang. Jadi, situasi pertandingan yang akan menentukan apakah ia akan ditempatkan sebagai striker atau trequartista,” kata Spalletti. (www.liputanbola.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: